Telpon : (061) 8214878

INFORMASI

Kegiatan Kopertis >> Workshop Peningkatan Akreditasi Institusi bagi Perguruan Tinggi Swasta
Kegiatan Kopertis >> PERINGATAN HARI IBU
Pengumuman >> Undangan Sosialisasi Aplikasi SIVIDa
Pengumuman >> Sertifikat Serdos Tahun 2017 Yang Sudah Bisa Diambil
Pengumuman >> TERBARU | Undangan Sosialisasi Aplikasi SIMBADA (Operator)
Pengumuman >> TERBARU | Undangan Sosialisasi Aplikasi SIMBADA (Pimpinan)
Pengumuman >> Undangan Kegiatan Kirab Kebangsaan Dan Jalan Sehat 2018
Pengumuman >> The 7th Urecal Tahun 2018
Pengumuman >> Informasi Seminar Nasional Teknologi 2018 (SEMNASTEK 2018)
Pengumuman >> Pelatihan SEM dan Metpen Kualitatif

Tingkatkan Kualitas Pendidikan Kedokteran Melalui Peningkatan Infrastruktur


RAKERNAS Kemenristekdikti 2018

  17 May 2018     Vahrun   



PALEMBANG – Infrastruktur merupakan salah satu komponen penting yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta peningkatan mutu pelayanan pendidikan tinggi. Hal ini disampaikan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir saat menghadiri acara Penyerahan Hibah Lahan Tanah untuk Gedung Baru Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya (Unsri) di RSUD Sumatera Selatan, Sabtu (12/5).

 

Nasir menyampaikan, ada tiga faktor yang menyebabkan sedikitnya Fakultas Kedokteran dengan akreditasi A, diantaranya kualitas sumber daya manusia atau dosen, dukungan laboratorium, dan infrastruktur. Maka dari itu sedang dibangun sistem untuk meningkatkan kualitas pendidikan kedokteran dan pelayanan kesehatan, salah satunya melalui pembangunan infrastruktur.

 

Pada acara tersebut, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menyerahkan lahan seluas 1,7 Ha kepada Kemenristekdikti. Lahan tersebut nantinya akan digunakan untuk pembangunan gedung Fakultas Kedokteran Unsri yang lokasinya berdekatan dengan RSUD Provinsi Sumatera Selatan yang rencananya beberapa bulan lagi akan diresmikan.

 

“Saya sangat mengapresiasi bantuan hibah lahan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan karena ini merupakan bentuk kontribusi dan kolaborasi Pemerintah Daerah bagi pengembangan pendidikan tinggi,” ujar Nasir.

 

Menristekdikti juga berharap untuk dapat meningkatkan kolaborasi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah dalam berbagai bidang. Hal ini demi meningkatkan mutu kualitas pendidikan tinggi melalui penyediaan infrastruktur yang memadai.

 

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Sriwijaya (Unsri) Anis Saggaff menyampaikan, segenap civitas akademika Unsri juga menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah provinsi Sumatera Selatan atas hibah lahan tanah sekitar 1,7 hektare luasnya kepada Fakultas Kedokteran Unsri melalui Kemenristekdikti yang turut membantu dalam proses hibah tanah ini.

 

“Dengan hibah tanah ini, harapan saya Unsri bisa membangun gedung Fakultas Kedokteran yang berstandar internasional yang nantinya akan menghasilkan lulusan berkualitas. Saya bertekad dalam 5 tahun mendatang, Unsri bisa menjadi worldclass university dengan tetap menjaga mutu dan akan membantu program pemerintah khususnya di bidang kesehatan,” tutur Rektor Anis.

 

Dalam sambutannya, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan, apabila kampus ingin menjadi worldclass university tetapi fasilitasnya masih belum berstandar internasional, usaha sekeras apapun itu tidak akan bisa mencapainya.

 

“Untuk itu, komitmen bersama ini, kami selaku pemprov Sumsel ingin menghibahkan tanah untuk pembangunan gedung baru Fakultas Kedokteran Unsri yang kedepannya bisa menjadi gedung Fakultas Kedokteran tercanggih, termodern di Indonesia atau bahkan dunia,” ucap Alex Noerdin.

 

Hadir juga dalam acara ini, Sekr etaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Na’im, Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti Muhammad Dimyati, Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Hafisz Tohir dan Koordinator Kopertis Wilayah II Slamet Widodo. (AV/ARD)

 


Read more at https://ristekdikti.go.id